Just another WordPress.com weblog

ANALISIS TUGAS

Analisis Tugas
• Proses menganalisis dan menggambarkan bagaimana manusia
melaksanakan tugas / pekerjaannya, apa saja yang dilakukan /
peralatan apa yang digunakan dan hal-hal apa saja yang perlu
diketahui.
• Memeriksa tugas-tugas user untuk mengetahui dengan baik apa
yang dibutuhkan user dari interface dan bagaimana mereka akan
menggunakannya.
Contoh: Membersihkan rumah
Komponen
• Ada tiga komponen kunci bagaimana manusia bekerja:
> Aktivitas
> Artifak
> Hubungan
• Jangan hanya melihat pada sistem komputer saja dan interaksinya.
• Mempelajari proses yang berhubungan dan objek pada lingkungan
dimana manusia akan menggunakannya dan membutuhkannya.
Contoh: lingkungan kantor – kertas, papan tulis, dll.

Fokus Analisis Tugas:
• Fokus pada lingkungan yang kelihatan / tampak
• Mangamati user, apa yang mereka kerjakan, kemudian bagaimana
mereka mengerjakannya.
• Bukan pada state kognitif internal user.
Input & Output
> Pengumpulan data
– Dokumentasi
– Interview
– Observasi
– Survei / Kuesioner
– Pencatatan data secara otomatis

> Representasi Data
– Daftar, ringkasan, matriks
– Naratif
– Hirarki & Jaringan
– Flowchart

Data yang akan dikumpulkan meliputi:
• Informasi mengenai user
• Penjelasan dari lingkungan
– Dimana tugas akan dilakukan ?
• Tujuan utama tugas
– Apakah hasil tugas akan berakhir dengan sukses ?
• Pilihan dan kebutuhan user
– Sebelum mereka mulai: minum kopi, pulpen, buku catatan, …,
• Tugas & Sub-tugas
– Fisik
– Kognitif
– Komunikasi
• Kondisi tugas yang akan dikerjakan
• Hasil akhir dari tugas
• Keperluan untuk melakukan tugas
– Informasi
– Komunikasi dengan orang lain
– Peralatan

DOKUMENTASI
• Dokumentasi
– Lebih sering memuat penjelasan bagaimana tugas akan
dikerjakan (dari pada bagaimana mereka akan mengerjakan tugas
sekarang ini).
– Standar
– Manual
– Historis
– Praktek yang baik
• Penjelasan Ahli
– Para ahli menjelaskan bagaimana pekerjaan diproses, bagaimana
tugas akan dikerjakan
– Pendapat “knowledge-based”

INTERVIEW
> Terstruktur
– Efisien
– Memerlukan pelatihan
> Tidak Terstruktur
– Tidak efisien
– Tidak memerlukan pelatihan
> Semi Terstruktur
– Seringkali tepat untuk digunakan
Interview Semi Terstruktur
> Menentukan kepentingan data sebelumnya
> Merencanakan jenis-jenis pertanyaan efektif
– Bagaimana anda mengerjakan tugas x ?
– Mengapa anda mengerjakan tugas x ?
– Dibawah kondisi apa anda mengerjakan tugas x ?
– Apa yang anda kerjakan sebelum anda mengerjakan ….. ?
– Apa informasi yang anda perlukan untuk ….. ?
– Siapa yang anda perlukan untuk berkomunikasi dengan ….. ?
– Apa yang anda gunakan untuk ….. ?
– Apa yang terjadi sesudah anda ….. ?
– Apa hasil atau konsekuensi dari …… ?
– Apa hasil atau konsekuensi dari TIDAK ….. ?

OBSERVASI
– Di dalan observasi, lihat apa yang dikerjakan user
– Merekam dengan videotape (untuk melihat kembali atau mengulangi)
– Gunakan catatan, bagan
– Fokus pada tugas khusus – lingkungan yang berhubungan dicatat,
tetapi kemudian diubah menjadi sub-tugas abstrak
LOGGING
• Pencatatan otomatis
– Keystroke/mouse click monitoring
– Timer
– Logs
– Physical location/movement trackers
Cell phones
Aware home

REPRESENTASI DATA:
• Daftar, ringkasan, matriks
– Gunakan alat bantu bagan
– Tambahkan detail yang semakin bertambah
– Ketahui lebih lanjut berapa detail yang cukup
– Akankan ditambah ringkasan yang dihubungkan dengan sub-tugas
khusus
– Baik untuk tugas yang terurut
– Tidak mendukung dengan baik tugas-tugas yang paralel
– Tidak mendukung dengan baik percabangan

• Naratif:
– Menjelaskan tugas-tugas dalam bentuk kalimat
– Seringkali versi diperluas dari daftar atau ringkasan
– Lebih efektif untuk mengkomunikasikan ide-ide umum dari tugas
– Tidak efektif untuk detail
– Tidak efektif untuk tugas yang bercabang
– Tidak efektif untuk tugas paralel
• Hierarki
> Hierarki Task Analysis (HTA)
– Notasi grafik dan dekomposisi dari tugas
– Tugas merupakan kumpulan dari aksi
– Tugas diatur ke dalam rencana
Mengelompokkan sub-tugas dengan berurut lebih disukai dan
kondisi-kondisi prasyarat
• Jaringan
> Entity Relationship Diagram
– Objek / orang berhubungan dengan objek
– Link menjelaskan secara fungsional dan berdasarkan item
Tugas : desain dikembangkan dari projek akhir
Objek – pulpen, kertas, alat gambar, dll
Aktor – Mary, Bob, Sally
Komposisi objek – Tim

Flowchart
– Kombinasi ERD dengan alur sekuensial, percabangan, tugas tugas paralel
– Termasuk aksi, keputusan, logika, untuk semua elemen dari sistem
– Abstrak
– Alat bantu yang baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s