Just another WordPress.com weblog

Kata-kata baku yang digunakan pada penulisan dan percakapan

Perubahan Kata Baku Terbaru

Kata-kata baku adalah kata-kata yang standar sesuai dengan aturan kebahasaaan yang berlaku, didasarkan atas kajian berbagai ilmu, termasuk ilmu bahasa dan sesuai dengan perkembangan zaman. Kebakuan kata amat ditentukan oleh tinjauan disiplin ilmu bahasa dari berbagai segi yang ujungnya menghasilkan satuan bunyi yang amat berarti sesuai dengan konsep yang disepakati terbentuk.
Suatu kata bisa dikatakan tidak baku bila kata yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang ditentukan. Biasanya hal ini muncul dalam bahasa percakapan sehari-hari/bahasa tutur yang dipengaruhi dari lingkungan selitar.
Perkembangan bahasa Indonesia begitu pesat sehingga hal itu menyebabkan masyarakat pemakai bahasa Indonesia khususnya warga indonesia kurang mengikuti perkembangannya, .Sebagai pilar utama pemakai bahasa Indonesia adalah wartawan, wartawan harus menjadi panutan karena setiap kata-kata yang mereka pakai harus memedulikan kaidah k, p, t, s dalam menuangkan tulisannya di media-media cetak dan juga dalam wawancara ataupun pada saat menyampaikan berita.
kita mahasiswa juga sebagai generasi penerus bangsa harus paham / mengerti bahasa indonesai secara baik dan benar ataupun menurut kaidahnya, penggunaan kata baku sekarang ini sudah jarang dipakai oleh mahasiswa karena terbawa bahasa gaul yang menjadi bahasa sehari-sehari, perubahan kata baku pun banyak yang tidak mengetahuinya.

Beberapa tahun ini sudah ada perubahan kata baku, contohnya yang terbaru :

memedulikan
memengaruhi
memedulikan
memerkosa
memopulerkan
memesona
memerhatikan
memebesar
memekecil
mengomunikasikan
menyosialkan

Demikian sebagian kata baku yang terbaru, adanya perubahan kata baku ini diharapkan kedepannya mahasiswa dapat mengikuti perkembangan bahasa indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s