Just another WordPress.com weblog

Perawatan aki

Sehebat apapun aki yang anda punya, tetap harus di dukung perawatan dan cara pengisian ( charge ) yang benar, baik itu aki basah, aki kering ataupun aki maintenamce free(MF)
Nah aki MF yang harganya terbilang mahal juga tidak bisa charger senbarangan, untuk itu diperlukan trik khusus agar aki jenis ini lebih awet dan enggak bikin masalah
Cara rawat paling mudah agar setrum aki enggak tekor saat menghidupkan mesin pakai elektrik starter yang menyerap arus hingga 400-500 watt, baiknya mesin tetap dihidupkan kira-kira 15 menit atau langsung jalan
Kata Seoramg dari divisi teknik PT Indoparts produsen aki Maxima, ” di kurun waktu itu pada saat jalan, setrum yang telah dipakai ( elektrik starter ) akan kembali terisi, itu jauh lebih baik daripada motor di diamkan di tempat.
tapi, kalau aki sering dipakai elekrik starter dan mesin sulit hidup, setrumnya pun akan cepat berkurang, bila sering dilakukan aki cepat tekor dan sulit menghidupkan mesin, kalau begitu harus segera di charge biar tidak soak,
Perlu diingat, aki kering atau MF enggak bisa di charge dengan alat sembarangan, hanya bisa di charge dengan alat khusus di karenakan sistem pengisian aki kering sangat kecil dan stabil yaitu sebesar 0,5 ampere
bahkan untuk bisa penuh total dubutuhkan waktu sekitar 5 sampa 8 jam atau tergantung besarnya aki.
Selain cara tadi komponen pengisian di motor macam sepul sampai kiprok harus bekerja baik, untuk memastikannya bisa dites dengan multitester.
khusus aki kering baru baiknya maksimal 3-4 bulan setelah masa produksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s