Just another WordPress.com weblog

How To make Wirelles Networking

Alat-alat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat jaringan wirelless

-Wirelles router
Wirelles router atau biasa disebut Access Point, merupakan perangkat yang menjadi sentral koneksi dari pengguna (user) ke ISP, atau dari kantor cabang ke kantor pusat jika jaringannya adalah milik sebuah perusahaan. Access-Point berfungsi mengkonversikan sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sinyal digital yang akan disalurkan melalui kabel, atau disalurkan ke perangkat WLAN yang lain dengan dikonversikan ulang menjadi sinyal frekuensi radio.


-Wirelles received
Wireless LAN Interface, merupakan peralatan yang dipasang di Mobile/Desktop PC,

peralatan yang dikembangkan secara massal adalah dalam bentuk
a. Wirelles Adapter

b. Wirelles PCI card

c. Wirelles USB (Universal Serial Bus).

Bagaimana caranya membuat jaringan wirelless
Membuat area hotspot atau membuat access point sebetulnya tidak beda dengan membuat router, tetapi di tambah dengan mengaktifkan wireless dan server DHCP pada router kita. Tetapi tentu saja alat dan fasilitas yang lengkap pada router tersebut yang harus mendukung access point. Jadi alat Access point router ini berfungsi sebagai server router, server DHCP dan pemancar wireless.

Langkah pertama yang dilakuakan adalah memasang 2 kabel lan yaitu yang pertama kabel dari ISP yang masuk ke area WAN dan kabel yang menuju ke client di pasang pada area LAN (biasanya lebih dari satu untuk port LAN) lalu kita konfigurasi terlebih dahulu lewat PC client yang terhubung ke Access Pointnya menurut ISP yang kita pakai.

Kemudian pada PC client jika terdapat koneksi wireless akan langsung muncul dan tinggal di connectkan pada Access Point yang dikonfigurasikan tadi,

Kita bisa melepasnya kembali kabel lan yang terhubung dari PC client ke Access Point tersebut, dan kita gunakan perangkat kita yang sudah mempunyai wirrelles, pilihlah nama access point tersebut dan langsung connect

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s