Just another WordPress.com weblog

Social Networking

Social networking adalah sebuah terobosan baru dalam web standard,tepatnya yang jaman skarang disebut2 sebagai generasi Web 2.0. Perbedaan yang mendasar antara generasi Web 1.0 dengan 2.0 adalah, pada web 1.0 dikenal dengan content is the king makanya jaman dulu itu situs2 yang memiliki hit yang tinggi open in browser PRO version Are you a developer? Try out the HTML to PDF API pdfcrowd.com adalah situs2 yang berbasiskan berita ( news portal ), sementara di generasi selanjutnya yaitu web 2.0 yang dikedepankan adalah community generated content, maka ga heran jika beberapa tahun terakhir situs2 yang memiliki hit tinggi adalah situs2 yang berbasiskan social networking, situs yang menampung apapun tulisan orang ( blog, wikipedia dll ).

1. Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard University, Mark Zuckerberg. Nama Facebook sendiri diinspirasi oleh Zuckerberg dari sebuah istilah di kalangan kampus seantero AS untuk saling mengenal antar sesama civitas akademiknya. Awalnya para penggunanya hanya dikhususkan bagi para mahasiswa di kampus Harvard University. Lalu kemudian diperluas ke sejumlah kampus di wilayah Boston (Boston College, Boston University, Northeastern University, Tufts University) dan kampus-kampus lainnya seperti open in browser PRO version Are you a developer? Try out the HTML to PDF API pdfcrowd.com Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, and Ivy League. Menyusul kemudian sejumlah kampus lain di AS. Akhirnya, penggunanya lebih diperluas lagi ke sejumlah kampus lain di seluruh dunia dan terakhir bebas untuk umum , Para pengguna bebas membuat profilnya masing-masing yang di dalamnya bisa berisi foto dan info-info pribadi lainnya. Selain itu dapat juga saling mengirim pesan, bergabung dengan sebuah grup atau lebih. Secara
default, Facebook mengatur profil pengguna hanya bisa diakses oleh sesama pengguna yang telah berteman. Namun pengaturan ini bisa nanti dirubah jika diinginkan. dengan estimasi pengunjung(unique) 550,000,000/bulan dan rangking 2 alexa , menempatkan facebook sebagai jawara jejaring sosial di atas jagad bumi saat ini.dengan aset $50 milyar.

2. Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara [1] . Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar.

Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.

3.LinkedIn adalah situs jejaring sosial dengan dasar profesional dan bisnis. jadi jejaring sosial yang satu ini memang agak serius dikit dan Anda bisa berbagi informasi tentang pengalaman profesional dengan mengundang teman-teman yang sudah
terdaftar menjadi anggota atau pun belum. Teman-teman yang terhubung dengan Anda disebut dengan Connections. LinkedIn CEO adalah Jeff Weiner, yang sebelumnya Yahoo! Inc eksekutif. Perusahaan ini didirikan oleh Reid Hoffman dan anggota tim pendiri dari Paypal dan Socialnet.com. LinkedIn didirikan tahun 2003 di Amerika Serikat. Sejak tahun 2010 anggota menjadi 30 jutaorang, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya dan tersebar dilebih dari 200 negara. Selain bahasa Inggris, LinkedIn juga diterjemahkan ke bahasa Perancis, Jerman, Italia, Portugis dan Spanyol. Anda diminta mengisi informasi tentang pengalaman kerja selama karir Anda, dengan begitu Anda juga bisa mencari pekerjaan atau mempekerjakan orang lain karena sudah terlihat pengalaman mereka di situs. dengan estimasi pengunjung(unique) 50,000,000/bulan dan ranking 29 alexa serta memiliki aset $2 milyar ,menempatkan nya pada posisi ke 4.

4. BBM ( Blackbery Messenger )
Blackbery Messenger adalah salah satu content dari blackbery untuk berkomunikasi sesama pemakai blackbery. Di dalamnya terdapat kontak-kontak,grup, dan obrolan. Anda dapat mengirim pesan ke kontak yang sudah ada, mengubah stasus dan info / foto anda sendiri, selain itu BBM juga bisa mengkategorikan kontak, tidak hanya untuk mengirim pesan teks BBM juga dapat mengirim file,voice,kontak,gambar.

Terdapat Juga fitur Blackbery Groups dari BBM untuk membuat group yang isinya bisa kita atur sedimikian rupa, entah hanya keluarga,teman kerja, rekan bisnis, ataupun public, di dalam grup sama halnya dengan BBM, bisa juga saling mengirim gambar, file, voice, kontak ataupun gambar Anda tidak perlu sign-in atau sign-out dari BBM selama anda terhubung ke internet, BBM dapat menjaga agar tetap terhubung ke kontak BBM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s