Just another WordPress.com weblog

Fitur pada antar muka telematika

Mungkin pertama kali membacanya, kita agak bingung..apa sih maksudnya?? Tapi coba kita telaah sedikit demi sedikit..
Tentu kita sudah mengetahui apa sih interface itu…dalam wikipedia, interface adalah sebuah titik, wilayah, atau permukaan di mana dua zat atau benda berbeda bertemu; dia juga digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda. Kata interface kadangkala (biasanya dalam bidang teknik) disingkat menjadi “i/f”.

Bentuk kerja dari interface berarti menghubungkan dua atau lebih benda pada suatu titik atau batasan yang terbagi, atau untuk menyiapkan kedua benda untuk tujuan tersebut.

Kata interface juga memiliki arti khusus:
> antarmuka pengguna adalah fungsi dan atribut sensor dari suatu sistem (aplikasi, perangkat lunak, kendaraan, dll) yang berhubungan dengan pengoperasiannya oleh pengguna.
> Dalam elektronik dan teknik komputer, sebuah antarmuka dapat berarti:
>> Batasan fisik dari dua subsistem atau alat.
>> Sebuah bagian atau sirkuit di beberapa subsistemyang mengirim atau menerima sinyal ke atau dari subsistem lainnya: antarmuka jaringan, antarmuka video, kartu network.
>> Sebuah standar yang menjelaskan sebuah himpunan karakteristik yang berfungsi, karakteristik interkoneksi fisik umum, dan karakteristik signal untuk pertukaran data atau signal; antarmuka USB, antarmuka SCSI.
> Dalam telekomunikasi, sebuah titik interkoneksi antara pengguna peralatan terminal dan fasilitas komunikasi komersial.
> Dalam teknik software, ia adalah sebuah spesifikasi dari properti sebuah komponen software yang komponen lainnya dapat bergantung kepadanya: lihat antarmuka (ilmu komputer).

Nah, udah tau kan apa interface itu?,, kalau begitu mari kita bahas mengenai fitur yang terdapat pada interface telematika.
Kalau kita berbicara mengenai fitur yang terdapat pada interface telematika, maka kita dapat mengaitkannya dengan teknologi dari telematika tersebut. Bukanlah suatu rahasia jikalau teknologi yang canggih memiliki fitur yang canggih pula. Semakin baik teknologi tersebut maka semakin baik pula fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Kenapa? karena faktor yang membuat suatu teknologi mendapatkan predikat canggih ataupun hi-tech ataupun apapun istilahnya itu adalah bagaimana si teknologi itu merancang dan menyajikan fitur-fitur pendukungnya. Dan jika kita berbicara tentang hal tersebut, maka kita tidak bisa luput dari peranan interface dari fitur tersebut.
Suatu interface yang bagus adalah interface yang dapat membuat sang user menjadi lebih rileks, nyaman dan merasa enjoy dalam menggunakan fitur tersebut maupun sistem sekalipun.
Perancangan suatu interface tidak luput dari bagaimana si developer (dalam hal ini kita ambil contoh programmer) menuangkan idenya maupun gagasannya ke dalam suatu rancangan program, di mana ide dan kretifitas si developer tertuang di dalamnya. Semakin kreatif dan menarik idenya maka semakin menarik pula interface yang dihasilkan(mungkin ya…klo tu programmer gak punya jiwa artistik maka gak bisa dibilang tu interface bakalan jadi bagus).
Intinya, semakin canggih suatu teknologi telematika maka semakin menarik dan canggih pula fitur-fitur yang terdapat pada interface telematika tersebut. Dan tidak pernah capainya saya ingatkan, cobalah kembali ke diri kita sendiri lagi…kita harus bijak dan penuh tanggung jawab dalam mengembangkan suatu teknologi baik dari segi interface maupun dari segi fitur-fitur di dalamnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s