Just another WordPress.com weblog

Pengguna laptop

Deskripsi pengguna:
Game
Pengguna ini menggunakan laptop sebagai ‘gadget hiburan’ pengganti PC. Kebutuhan utama terletak pada kebutuhan menjalankan aplikasi game. Karena tidak bersifat mobile dalam penggunaan laptop, faktor baterai dan dimensions dapat diabaikan dalam pertimbangan.

Mobile
Pengguna ini menggunakan laptop sebagai sekretaris pribadi dan alat komunikasi utama ketika berada jauh dari kantor atau rumah. Aplikasi Office dan Internet Browser merupakan aplikasi yang sering digunakan.

Home (Small Bussiness)
Pengguna ini menganggarkan budget yang minim dalam membeli laptop mengingat kebutuhannya sebatas browsing dalam waktu yang lama, mengedit dalam aplikasi office dan pekerjaan rutin komputasi ringan lainnya. Mahasiswa kebanyakan merupakan contoh pengguna ini.

Work
Pengguna ini menggunakan laptop sebagai pengganti PC Desktop (Desktop Replacement). Umumnya, laptop yang dibutuhkan memiliki kinerja dan nilai produksi hampir sama dengan PC. Aplikasi penunjang produktifitas seperti desain grafis, editing multimedia atau simulasi model matematika merupakan salah satu aplikasi ‘haus resource’ yang sering digunakan pada pengguna ini.
Semoga bermanfaat.

Beli laptop sesuai untuk kebutuhannya.

* Untuk penggunaan disain grafis ataupun bermain game, sebaiknya pilih laptop dengan VGA yang tinggi kekuatannya dan memori yang besar agar disain dan bermain game terasa lebih ‘ringan’. Kartu VGA sendiri berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Sedangkan memori merupakan sebuat alat penyimpan data digital sementara yang biasanya mempunyai kapasitas ukuran berdasarkan standard bit digital yaitu 16MB, 32MB, 64MB, 128MB, 256MB dan seterusnya (kelipatan dua).
* Untuk developing, biasanya dibutuhkan software develop yang membutuhkan resource tinggi. Pertimbangkan laptop yang memiliki prosesor & memori dengan spesifikasi tinggi agar bisa mengimbangi perkembangan piranti lunak & developing tools yang kian hari kian ‘rakus’ memori.
* Untuk mobile, bisa menekankan pilihan pada umur baterai, berat laptop, ukuran layar, serta beberapa fitur internal konektifitas seperti wifi, bluetooth, IrDA, NetworkCard, Modem.

* Terlepas dari pemilihan penggunaan, beberapa yang harus dipertimbangkan dalam memilih laptop adalah soal besar layar, berat laptop dan umur baterai.

Pilih Laptop Sesuai Kebutuhan (1)

Pilih Laptop Sesuai Kebutuhan (1)
Laptop Siswa

Gaya hidup mobile menuntut kita harus bisa menyelesaikan pekerjaan kapan saja dan di mana saja. Salah satu sarana yang harus dimiliki adalah komputer jinjing alias laptop. Nah, tahun 2011 ini akan banyak produsen laptop yang mengeluarkan model terbarunya. Sebagai konsumen, Anda harus bersikap smart . Pilih laptop atau notebook sesuai kebutuhan!

Siswa/Mahasiswa

Kebutuhannya lebih banyak untuk menulis dan akses internet. Kecuali untuk mahasiswa jurusan tertentu, misalnya mahasiswa Jurusan Desain atau Fotografi. Mereka tentu memerlukan spesifikasi laptop yang lebih untuk menunjang tugas-tugas mereka. Namun, untuk mahasiswa pada umumnya, bisa memilih laptop dengan ukuran layar 10 inci ke bawah.

Dengan perangkat mungil ini, mereka tak repot jika harus membawanya ke mana-mana. Laptop kecil dan tipis pas dimasukkan ke dalam backpack bercampur dengan buku-buku serta peralatan kuliah lainnya. Jika hanya sekadar bikin makalah dan berlancar di internet, jenis netbook yang harga dan spesifikasinya rendah bisa jadi pilihan.

Banyak jenis netbook yang kini beredar di pasaran dengan harga di kisaran Rp 3 jutaan yang sudah dilengkapi koneksi WiFi.

Alternatif lain, jika perangkat itu untuk “bekerja lebih keras” termasuk menonton film atau mengolah gambar, tentu Anda harus memilih notebook yang spesifikasinya lebih tinggi. Bahkan beberapa mahasasiswa semacam ini akan memilih MacBook sebagai penunjang untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.
Laptop Pebisnis

Pebisnis/Karyawan

Mereka butuh perangkat yang andal, kokoh, dan sistem yang kuat untuk melindungi data-data penting. Sebab, para pebisnis dan karyawan kerap berada di luar ruang, sehingga perangkat ini tentu sebagai sarana penyimpan data-data penting untuk kepentingan bisnis. Perangkat mereka juga memungkinkan untuik mengakses data ke server perusahaan agar tetap bisa memantau data secara realtime .

Lenovo ThinkPad dan Dell Latitude kerap jadi pilihan bagai para pebisnis. ThinkPad sendiri punya beberapa seri. Dari yang berlayar 11 inci hingga 15 inci. Bahkan ada juga seri X-Tablet yang layarnya bisa diputar 360 derajat. Sementara Dell Latitude yang diperuntukkan bagi para pebisnis juga banyak pilihan. Anda tinggal memilih kriteria, skala bisnis, bobot, ukuran layar, sampai harganya.

Jika Anda juga ingin gaya, notebook Samsung 9 series bisa jadi pilihan. Notebook berlayar 13,3 inci ini modelnya sangat cantik, tipis dan tentu bobotnya sangat ringan (1,3 kg). Namun, jangan tanya soal kemampuan. Dengan prosesor keluaran baru dari Intel SandyBridge Core i5 2537M, memori 4GB dan hardisk 128GB, ditengarai aman terhadap goncangan.

Memiliki notebook atau laptop bukanlah sesuatu yang sulit saat ini, mengingat harga notebook itu sendiri semakin hari semakin terjangkau (murah).

Tetapi yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah notebook yang murah berarti kurang bermanfaat atau sebaliknya, notebook mahal mempunyai maafat yang jauh lebih baik?

Kedua pertanyaan diatas adalah tidak benar menurut kami karena semuanya kembali kepada kebutuhan si pemakai. Jadi notebook seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan anda?

Bagi kami sendiri, sebelum anda membeli notebook sebaiknya ada beberapa hal dasar yang harus anda jawab:

Untuk apa anda membeli notebook?

1.

Sebagai pengganti PC/ komputer desktop

Jika ini yang menjadi alasan utama maka carilah notebook dengan ukuran layar minimal 15 inch sehingga anda dapat bekerja dengan lebih nyaman. Tetapi di satu sisi, bila anda juga sering membawanya ke luar (bisnis atau lainnya) maka berat notebook ukuran 15 inch atau lebih akan sedikit mengganggu perjalanan (karena beratnya rata-rata diatas 3kg – 6 kg.

2.

Untuk menemani anda yang sering melakukan perjalanan bisnis

Sebaiknya anda memilih notebook dengan ukuran 12 inch atau kurang karena biasanya notebook ini (disebut juga dengan sub-notebook) mempunyai berat yang lebih ringan yaitu antara 1 – 3 kg. Tetapi satu hal yang perlu dipertimbangkan, bila notebook ini juga digunakan sebagai media presentasi ke klien maka sebaiknya anda menghindari membeli notebook ukuran kurang dari 12 inch karena tentu tidak nyaman untuk presentasi ke pelanggan.

Pada intinya ukuran notebook dibagi menjadi beberapa yaitu Mainstream (14″ – 15,4″), Thin and Light (10″ – 14″) dan Desktop Replacement (17″ – 21″).

Satu hal yang juga tidak kalah pentingnya adalah ukuran keyboard di notebook, semakin kecil ukuran suatu notebook berarti semakin kecil ukuran keyboard tersebut dan ini biasanya akan membuat kita kurang nyaman.

Setelah anda bisa menjawab pertanyaan diatas maka masih banyak hal lainnya yang perlu dipertimbangkan.

1.

Jenis prosesor

Spesifikasi prosesor sangat banyak dan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan atau aplikasi yang ada, misal bila anda hanya menggunakan notebook untuk sekedar cek email, browsing atau melakukan pekerjaan rutin di Word atau Excel maka prosesor standar sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan (misal Pentium 4 saja sudah lebih dari cukup)

Bila anda menggunakan komputer untuk disain, edit video sampai bermain game, sangat dianjurkan untuk memilih prosesor yang mempunyai kinerja yang cukup baik (misal Core 2 Duo T7250 atau lebih)

Bila anda kurang paham masalah ini, jangan diabaikan dan cari tahu sedetil mungkin prosesor yang anda butuhkan. Karena bila salah pilih, otomatis ini akan menghambat kinerja atau produktifitas. Dan sebaliknya bila anda membeli dengan spesifikasi yang berlebihan, sama saja dengan pemborosan.

2.

Jenis layar (screen)

Walaupun anda sudah menentukan ukuran layar tetapi saat ini anda juga dihadapkan pilihan mengenai tipe layar yaitu standar atau Wide. Kami menyarankan bila harga tidak terlalu jauh berbeda maka format Wide sebaiknya anda pilih karena lebih nyaman dan enak dilihat.🙂

Resolusi layar, kami menyarankan untuk memilih resolusi layar minimal 1024 x 768 karena format ini semakin umum digunakan, terutama untuk layout di website.

Glossy VS Matte mungkin akan membingunkan anda dimana tipe Glossy adalah tipe layar yang terlihat lebih “kinclong” atau bersinar. Tetapi tipe Glossy juga banyak dihindari orang terutama pada saat membaca tulisan yang terkadang kurang nyaman. Kebanyakan pengguna lebih memilih tipe Matte bila lebih sering berurusan dengan teks atau tulisan.

3.

Memori

Semakin besar memori (RAM) maka semakin cepat kinerja notebook. Untuk pemakaian standar, memori dengan kapasitas 1GB sudah cukup tetapi bila memungkinkan pilihlah yang berkapasitas 2GB untuk idealnya.

Untuk disain grafis, game dan edit video, kami menyarankan lebih dari 2GB adalah yang ideal

4.

Hardisk

Bila kebanyakan file di dalam notebook adalah file dokumen, hardisk dengan kapasitas 80GB sudah lebih dari cukup tetapi bila anda banyak menyimpan file lagu, video dan gambar dengan resolusi tinggi sebaiknya pilih hardisk dengan kapasitas 160GB atau lebih.

5.

Media penyimpanan/ baca

Walaupun mungkin tidak dibutuhkan bila memungkinkan pilihlah notebook yang sudah dilengkapi dengan CD/ DVD writer karena mungkin suatu saat kita butuh untuk memindahkan file di dalam notebook ke CD/ DVD atau sebaliknya menyimpan file dari CD/ DVD ke notebook.

Tetapi tidak perlu kuatir, bila notebook anda memang tidak mempunyai media seperti diatas, anda bisa membeli CD/ DVD writers eksternal yang menggunakan koneksi USB. Kembali lagi perlu atau tidaknya, tergantung kebutuhan.

Yang mungkin juga perlu adalah media baca untuk kartu memori (card reader) yang sudah terintegrasi di dalam notebook karena bila anda sering melakukan transfer file foto ke notebook maka dengan adanya card reader ini anda tidak perlu repot lagi untuk membelinya secara terpisah.

6.

Koneksitas

USB

koneksi ini sangat wajib atau harus ada dan ketersediaan koneksi USB lebih dari satu tentu akan lebih baik mengingat saat ini hampir semua perlengkapan komputer menggunakan koneksi ini, mulai dari printer, mouse dan lainnya

Bluetooth

Semakin banyaknya ponsel dengan fungsi kamera dan koneksi Bluetooth di dalam ponsel maka tentu bila di notebook anda mempunyai koneksi Bluetooth akan lebih memudahkan anda untuk mentransfer hasil foto atau file dari ponsel ke notebook atau sebaliknya.

WiFi

Semakin banyaknya area hotspot di tempat-tempat umum maka koneksi WiFi saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan dan kami menyarankan untuk membeli notebook yang sudah mempunyai koneksi WiFi ini.

Port Ethernet (Local Area Network/ LAN)

Koneksi ini akan berguna bila anda sering bekerja di area kantor yang mempunyai jaringan kabel LAN.

Tentu saja masih banyak lagi pertimbangan untuk memilih noebook yang sesuai tetapi kami yakin bila anda membaca artikel ini dengan baik maka setidaknya kesalahan anda dalam membeli notebook dapat diminimalisir.🙂

Semoga artikel ini berguna!!http://compreviews.about.com/od/buyers/bb/NotebookPCs.htm

http://www.gadgetspage.com/laptops/how-to-choose-a-notebook-pc.html

CARA MEMILAH DAN MEMILIH LAPTOP BAGUS TAPI MURAH
Posted on March 31, 2011 by listia

CARA MEMILAH DAN MEMILIH LAPTOP BAGUS TAPI MURAH

By : ibni hasyim

Laptop bukan barang murah tapi juga bukan barang mewah sekarang. Dijaman yang semakin modern penggunaan laptop tidak hanya untuk kalangan professional dan eksekutif, sekarang banyak organisasi dan rumah yang menggunakan laptop untuk mengganti komputer desktop. Para siswa dan Mahasiswa pun turut ikut menyumbang terbesar sebagai pengguna laptop apalagi sekarang harganya mulai dari 3 jutaan keatas walaupun hanya mendapat Prosessor Intel Atom dan sejenisnya.

Namun membeli laptop saja tidak bisa secara langsung menjadikan anda user yang mobile dan efektif. Dengan semakin ketatnya kompetensi, banyak took perlengkapan kantor dan took elektronik menjual laptop dengan harga rendah. Msalahnya adalah karena ingin menekan harga, banyak dari laptop tersebut tidak siap dengan dunia nyata. Berikut adalah faktor yang perlu dilihat jika ingin membeli sebuah laptop.

1. Operating System

Sebagian besar laptop yang dijual di toko sudah diisi dengan OS bawaannya misalnya Window Xp, Windows Vista dan Windows 7. Versinya pun berbeda-beda misalnya Home Basic, Profesional. Jika kita memperoleh versi Home Basic malah bisa dianggap menuntungkan. Mengapa anda harus membayar lebih untuk edisi Profesional kalau hanya untuk digunakan menulis dokumen, mengolah excel dan menerima email? Tapi untuk lebih menguntungkan kita dari sisi harga bisa dijadikan opsi pilihan yaitu mengapa tidak memilih laptop yang tidak ada OSnya? Itu akan menurunkan harga laptop itu sendiri. Misalnya kita dengan menggunakan OS gratis nantinya (atau bajakan)? Tapi itu semua tergantung anda.

2. CPU atau Prosessor

Laptop yang diiklankan dengan harga menarik sering kali tidak mempunyai CPU yang kuat. Pada waktu memilih laptop, sesuaikan dengan kebutuhan anda. Apakah anda akan memakai aplikasi yang sangat berat? Tentu harus mempunyai CPU yang tangguh juga. CPU Intel Core 2 Duo mempunyai performa sangat bertenaga dan membutuhkan lebih sedikit energy. Akan tetapi biasanya laptop dengan jenis cpu ini harganya masih jauh lebih mahal. Coba juga anda untuk memilih dari AMD. AMD memiliki kekuatan dan kualitas yang hampir menyamai intel dalam hal kualitas, akan tetapi denga harga yang jauh lebih murah dibanding dengan produk-produk intel CPU yang bisa dibilang menyamai intel Core 2 Duo atau Dual Core adalah AMD Turion.

3. RAM atau Memori

Banyak laptop dipasaran dipasang dengan ram 1 GB, ram sebesar itu lebih dari cukup untuk Windows XP tapi untuk Vista dan Windows 7 alangkah lebih baiknya jika minimalnya adalah 2GB. Serta jangan lupa untuk memilih juga jenis memori yang apakah masih DDR2 atau sudah DDR3. Untuk DDR2 saya rasa masih mencukupi jika dibanding dengan harga yang ditawarkan. Tapi jika ingin ferforma dari teknologi terbaru maka pilihannya ada di DDR3 tentu saja dengan harga yang relative lebih mahal.

4. Video Card

Perporma grafis untuk laptop dikisaran harga US$500 dikenal buruk apalagi untuk produk yang disandingkan dengan intel, karena jika ada peosessor intel maka disitu ada grafiknya jenis GMA yang masih kalah dibandingkan dengan ATI yang biasanya di sandingkan dengan Prosessor AMD. Dan sekali lagi harganya malah lebih murah dan tidak murahan.

5. Port

Pikirkan untuk ketersediaan port USB, port VGA, DVI bahkan HDMI. Karena ketersediaan port-port bisa mempermudah kita dan lebih efisien.

6. Ukuran Layar

Pikirkan pula ukuran layar untuk laptop. Layar denga 17” tidak dimungkinkan untuk dibawa mobile akan tetapi pilhan 14” lebih dimungkinkan karena lebih kecil. Akan tetapi akan lebih baik lagi jika memilih yang layarnya 12” Karen selain lebih mobile dia juga lebih simple dan mudah dibawa kemana saja. Dalam hal ini saya tidak mengnjurkan untuk pemakaian jangka panjang menggunakan laptop 10” karena yang saya rasakan itu terlalu kecil dan kalau anda mencoba browsing lewat laptop 10” serasa kurang puas.

7. Wireless Terintegrasi

Hampir semua laptop mempunyai kartu wireless. Namun tentu saja itu tidak menjadi suatu keharusan. Dan untuk memilah WiFi yang baik baca dan teliti jenisnya.

8. Pemakaian Baterai

Pemakaian batre sangat penting untuk sebuah laptop. Laptop dengan CPU Intel Atom bisa menembus 6 jam stanby. Tapi kebanyakan laptop hanya bisa tembus pemakaian standar hanya 2 sampai 3 jam. Itu tergantung pada jenis sel yang tredapat di batre. Ada yang 6 sel, 8 sel bahkan 12 sel. Yang artinya semkin banyak selnya semakin lama batrenya tetap hidup.

Mungkin hanya itu gambaran secara umum dan tentu banyak lagi faktor dalam memilih laptop yang Harga=Performa Baik. Tentunya kita semua menginginkan hal yang demikian.
http://ilmuti.com/2011/03/31/cara-memilah-dan-memilih-laptop-bagus-tapi-murah/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s