Just another WordPress.com weblog

Pesan eror di browser

ketika anda akses internet pasti akan menjumpai berbagai macam pesan error yang ditampilkan dilayar browser ketika mengunjungi alamat web yang bermasalah. Memang pesan yang ditampilkan berbagai mempunyai berbagai macam pesan. Sebenarnya error yang ditampilkan tersebut berasal dari berbagai sumber, bisa memang dari pemilik blog itu sendiri sampai dengan kesalahan web server. Nah, dalam postingan kali ini saya akan sedikit sharing beberapa contoh pesan error yang paling sering ditemukan pada saat kita mengakses internet.
Atau jika anda adalah seorang blogger yang senang utak-atik script, maka dengan mengerti maksud dari error web, maka akan bisa sedikit punya gambaran dari mana dulu anda akan memulai langkah dalam mengantisipasi kesalahan web tersebut.

1. 500 – Internal Server Error
Pesan error di atas diartikan sebagai adanya masalah atau kesalahan dalam server internal situs sehingga Anda tidak bisa mengakses situs yang bersangkutan, selama administrator situs belum memperbaiki pesan kesalaahan tersebut.
2. 404 – Not Found
Ada beberapa hal yang menyebabkan tampilnya pesan kesalahan di atas :
* Data di database sebelumnya sudah ada, namun sudah dihapus atau dihilangkan dari database server.
* Terjadi gangguan akses Internet atau down
* Jika akses Internet tetap gagal, maka kemungkinan halaman tersebut memang tidak ada
* Terjadi kesalahan penulisan alamat URL
3. 400 – Bad Request
Pesan kesalahan tersebut dialami oleh server yang tidak bisa mengerti perintah dari client. Penyebabnya pada umumnya berupa kesalahan script coding di server, sehingga hanya administrator server-lah yang bisa mengatasinya.
4. 403 – Forbidden
Pesan kesalahan tersebut memiliki dua alasan :
* Menandakan bahwa halaman situs tidak dapat diakses karena telah diatur demikian dalam servernya.
* Owner atau pemilik situs belum membayar sewa hosting ke perusahaan pemilik server, sehingga terjadi pemblokiran dari pihak perusahaan server.
5. 408 – Request Timeout
Pesan ini memiliki alasan bahwa timer atau waktu untuk mengakses situs telah habis. Hal tersebut disebabkan oleh kecepatan akses Internet yang cukup lambat, dan server biasanya memiliki timer atau batas waktu tertentu dalam pengaksesan data dalam database-nya.
6. 401 – Unauthorized
Pesan kesalahan tersebut artinya user tidak memiliki otoritas atau izin untuk mengakses halaman web tersebut. Biasanya situs diberi pengaman username dan password, sehingga Anda harus mengerti username dan password situs tersebut.

demikian tadi beberapa pesan error yang paling sering muncul ketika kita mengakses internet yang mempunyai sedikit masalah, Jadi dengan mengetahui penyebabnya minimal kita mempunyai sedikit toleransi ke blog atau web yang kita akses. Terima kasih dan semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s